Minggu, 27 Januari 2013

Welcome My ham-ham ^^


Yiihhaaaaaaaaaaa....
Welcomeback my words
Lama. Baru nongol lagi di kanvas ini setelah sekian abad #eeh bulan mendekam di black hole yang kusebut "malas". Oke siip tidak usah bertele-tele ungkapan pengakuan dan penyesalannya. Just act!

Kali ini aku mo memperkenalkan teman baru ku.
taadaaaaa...
Tiga ekor "bola bulu" yang lazimnya orang sebut mereka hamster. Satu ekor hadiah darin temannya bapak, 2 ekor baru di beli kemarin, hadiah dari tante. Pokoknya semuanya gratiiiss heheh *masih mental mahasiswa*

Sebenarnya keinginan untuk memelihara hamster lagi sudah sejak tahun lalu tapi baru kesampaian tahun ini. Semuanya juga karena sudah terus-terusan dilanda rasa bersalah. Dulu pernah punya hamster pemberian K’Thyar. Eh malah kujadikan objek di Mata Kuliah Sumber Daya Hayati. Hamsternya harus dipelihara di kandang mencit di Green House. Jadinya aku kurang memperhatikannya. Terkadang lupa memberinya makan sampai tiga hari. Setelah mata kuliah berakhir, dua ekor hamster syrian itu ku kembalikan ke Kak Thyar, tidak lama kemudian mereka wafat TT.TT hiks.

Kali ini, aku sudah bertekad ingin merawat mereka dengan baik... hhuuu hhaaa....!!! *mengepalkan tangan
Yuk...kenalan yuuuuukk..


1.      Kusebut mereka a couple of robo


Klasifikasi Ilmiah
Kingdom
: Animalia
Phillum
: Chordata
Class
: Mammalia
Ordo
: Rodentia
Familia
: Cricetidae
Genus
: Phodopus
Species
: Phodopus roborovskii (Satunin, 1903)

Mereka sepasang hamster Roborovski (Phodopus roborovskii), si jantan Hoppas (Switrzhland: harapan) dan si betina Sásta (Irish: gembira). Ham-ham robo adalah spesies hamster yang terkecil dan tercepat dari semua hamster. Hamster ini berasal dari Mongol bagian barat dan timur serta sebelah utara Cina. Tapi aku tidak perlu jauh-jauh ke sana mencari robo ^^. Cukup ke Pasar Hobi di Belakang Pasar Toddopuli Makassar hehehhe. Hm... jenis ini lumayan langka, soalnya susah dikembangbiakkan. Maka dari itu harganya juga lumayaaaan. Kemarin aku dapat 100 ribu/ekor. Ffiiiiuuuuh... tapi tak apalah soalnya gratisan euuuy hehehh hadiah dari tante. Dikasi 2 ekor plus kandang lantai 3 hihihihih. Asiiik..asiiikk ^^. Nah, katanya robo itu hamster yang sangat romantis dan sayang satu sama lain. Jika hamster roborovski tinggal bersama-sama pada usia dini, mereka akan tidur bersama-sama, makan dan bermain bersama-sama. Waahhh... selama kurang lebih 1 hari aku perhatikan sepasang robo ku, mereka memang romantis. Tapi tetap dibumbui dengan pertengkaran-pertengkaran kecil memperebutkan troll nya. Roborovski adalah hamster yang sangat jarang menggigit tapi paling penakut terhadap manusia. Jadi lumayan susah memegang dan mengelus-elus bulu lucunya. Tapi ada beberapa yang mengaku berhasil menaklukkan robo nya. Hm, aku juga pasti bisa! #optimis. Meskipun sekarang belum bisa ku elus-elus, cukup melihat mereka main sudah lumayan bikin sepanjang hari senyum-senyum terus soalnya mereka lincah dan suka bermain jadi terlihat aktif ditambah lagi muka innocent nya whoooaaaaa... pengen jingkrak-jingkrak dah.



Lagi berebut mainan

Main bareng


2.      This is the single one ^^



I called him, “Hopen” (Dutch: harapan). Hm.. sebenarnya bingung, yang ini jenis apa yak. Maklum, belum begitu tau tentang jenis-jenis hamster. Hasil googling, kuputuskan ini hamster jenis syrian atau golden hamster soalnya dia agak besar ukurannya. Katanya, Hamster Syrian adalah jenis hamster yang paling mudah dijinakkan dan ramah. Tapi, kemarin aku digigit. mungkin karena gemas atau penasarn dengan jariku yang gemuk-gemuk heheh. Dua hari terakhir ini aku sering memberinya makan kuaci lewat tanganku. Jadi si Hopen bisa ku elus-elus. Dia jinak. Sampai akhirnya kemarin dia menggigit. Aku trauma deh kasi makan langsung di tanganku. Jadi sementara ini aku gunakan sendok plastik untuk memberinya makan. Setelah melalui perenungan panjang (#lebay), kupikir gigitan Hopen kemarin itu mungkin sebagai bentuk protesnya karena tidak ada teman. He is single. Ehhehehhe. Jomblo! Jadi aku mengajak tante ke Pasar Hobi mo carikan pasangan buat Hopen  eh malah beli sepasang roborovskii hehehhe. “Maaf Hopen, lain kali deh.” Tapi, hasil googling ku beberapa menit yang lalu, ternyata hamster syrian bisa jadi sangat agresif dan bisa melukai hamster yang tinggal satu kandang dengannya. Jadi disarankan lebih baik satu kandang untuk satu hamster. Waaah, sepertinya kau memang harus menjomblo Hopen hehhehe.

Oiya, hamster syrianku ini tipe black short hair mungkin sudah hasil perkawinan silang. Soalnya mantel bulu asli mereka berwarna kuning emas, makanya disebut Golden hamster.

*NB: Namanya pemberian dari Wawan

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu di sini :)