Kamis, 02 Agustus 2012

Kenalan yang Tertunda

Siang kemarin aku iseng-iseng menganggu om google dengan menuliskan bagian nama ku yang paling unik "Dipalaya" di kotak pencariannya. Taadaaaaaaa muncullah sederet artikel dengan kata "Dipalaya" bercetak tebal dimana-mana. Mulai dari alamat rumah, akun sosnet, postingan blog para "fans"ku, sampe artikel dengan bahasa yang undefined dari negeri antah berantah. ^_^v ternyata di salah satu sudut kota Bandung ada jalan berlabel "Jl. Dipalaya" hhhuuuaaaa berasa kayak pahlawan aja yang namanya diabadikan sebagai nama jalan :-) hm...

Tiba-tiba seorang senior yang sedari tadi mengamati kelakuan anehku, bertanya "oo kamu pernah ikut Youth Camp 2007 juga????" Hah? Youth Camp?? Youth camp yang mana? "Ini....yg diadakan Biblioholic" senior ku itu menunjukkan artikel pengumuman di sebuah blog.. ku fokus kan mata ku pada blog dengan tamplate warna coklat itu... mata ku sempat tertuju pada foto dkbagian kanan dengan nama Aan Mansur. (?.?) Hm...segera ku lahap tulisan yang ada di situ, rupanya itu adalah pengumuman pesrta yang lulus berkas kegiatan Youth Camp yang diadakan Bibllioholic dan Ininnawa.... whoooooooaaaaaa,,,, jadi....??? Ini...? *histeris ala sinetron*

Ya....ya...ya...aku ingat *ttiiinggg (tiba-tiba ada lampu pijar yang menyala di atas kepala ku) :-)
Desember 2006 silam aku sangat tergila-gila ingin mengikuti sebuah kegiatan riset dan workshop pembuatan film dokumenter. Saking kesemsemnya aku tak pernah tau siapa yang menyelenggarakan kegiatan itu (sampe beberapa detik yang lalu), yang ada di kepalaku saat itu, mendaftar dan lulus!! Saya selalu percaya, jika kita berani "keluar dari kandang"  kita akan menemukan banyak hal. Dan kegiatan ini lah langkah pertamaku. Aku lulus berkas! Dan menerima panggilan tes wawancara. Namun, saat itu saya harus memilih. Di hari yang sama saya juga harus mengikuti rangkaian tes pertukaran pelajar. Dan saya lebih memilih mengikuti tes pertukaran pelajar dengan pertimbangan bahwa tahun depan saya masih bisa mengikuti Youth Camp sementara pertukaran pelajar tidak.  Ya. Hidup itu penuh pilihan, pilihlah dan bersungguh-sungguhlah dengan pilihanmu. Alhamdulillah pengorbanan itu berbuah manis, saya berhasil mengikuti pertukaran pelajar ke Jepang di Desember 2007, tentu saja dengan konsekuensi tidak ikut lagi Youth Camp tahun ke dua.

Di penghujung 2006 itu saya tidak tahu bahwa ternyata tempat tes nya di Biblioholic. Saat itu saya masih culun- culunnya. Saya belum tahu apa itu Biblioholic dan Ininnnawa. Nanti pada saat kuliah, seorang senior yang banyak bercerita tentang komunitas itu. Saya pun mulai lebih mengenal sastra dan karya @hurufkecil (Aan Mansur).  Setelah merambah dunia twitter, saya semakin jatuh hati pada huruf-huruf kecil yang diurai oleh seorang Aan. Sederhana dan telak di ulu hati. Spasi di antara kata yang satu dan lain terdapat suara hati seorang penulisnya. Tulus dari hati.

Akhirnya, pada 2012 saya berhasil bertemu beliau di sebuah event spektakuler MIWF (Makassar International Writers Festival) meskipun berinteraksi cuma sesingkat detik, (belum sempat curi ilmu^^) tapi sudah cukup menyenangkan bisa mendengar langsung beliau membacakan karyanya.

(Nah, ini sebenanrnya intinya apa ya...? Hubunganya dengan Youth Camp apaaa????)
:-)

Setelah kejadian menemukan pengumuman itu... saya tersadar satu hal. Bahwa jika apa yang kita inginkan tidak dikabulkan hari ini maka Tuhan akan mengabulkannya dihari esok selama keinginan itu kita jaga dalam hati. Meskipun hari itu saya tidak jadi ikut YOUTH CAMP, saya tetap bertemu orang-orang hebat sekaliber kak Aan di MIWF, termasuk kak Aan sendiri, kak afdhal, kak ita ibnu, kak Lily, kakak-kakak dan teman-teman volunteer :-) penulis-penulis serta sineas-sineas dokumenter yang hebat. Nah saya pun sempat mencermati daftar nama peserta di pengumuman itu. Dalam hati ku bergumam, seandainya dulu jadi ikut kegiatan ini, pasti mereka sudah menjadi teman-teman penuh inspirasi. Deg. Mataku terhenti pada satu nama. Peserta dari SMA 5 Pare-Pare. Deg. Yusmar Yusuf. Diaaaaaa......diaaa teman sekelas ku. SEKARANG !!!!!! HOOOAAAAA.....
Tuhan memang Maha Kuasa... #mata berkaca-kaca. Yahh dia telah menjadi teman terbaikku di kelas, penuh inspirasi. :-)

"Kalo hari ini tertunda, jika memang takdir, esok pasti akan berjumpa" :-)




3 komentar:

+1 mengatakan...

#OPTIMISM

Amil MenKo mengatakan...

mantap sekali tulisannya,.. mengispirasi

pelukis malam mengatakan...

Terima kasih sudah berkunjung :-)

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu di sini :)