Senin, 17 Oktober 2011

Tiga Mahasiswa UNM Mengikut LNRPB II 2011


Sebuah reportase perjalanan... bagimu Indonesia-ku
Tiga mahasiswa Univeritas Negeri Makassar, Tismi Dipalaya (FMIPA), Ma’ruf M. Nur (FMIPA), dan A. Bachtiar (Fakultas Teknik) mengikuti LNRPB II 2011 yang dilaksanakan mulai 25 September-15 Oktober 2011. Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari (LNRPB) merupakan salah satu bentuk kegiatan pelayaran nusantara yang dilaksanakan bagi remaja dan pemuda Indonesia. Kegiatan LNRPB merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Sail WABE (Wakatobi-Belitong) 2011. Pelaksanaan LNRPB pada Sail WABE (Wakatobi-Belitong) 2011 bertujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan dan kebanggaan para remaja dan pemuda terhadap kebahariaan Indonesia. LNRPB selain diarahkan untuk menggalang persahabatan antar remaja dengan pemuda sehingga tercipta rasa persatuan dan kesatuan berbangsa, juga untuk mengenalkan citra budaya bangsa Indonesia sebagai negara maritim serta mempromosikan wisata dan budaya kebaharian Indonesia khususnya di daerah Wilayah Timur (Wakatobi) dan Wilayah Barat (Bangka-Belitung). Pelayaran wilayah timur telah dilaksanakan sebelumnya pada bulan Juli dengan Wakatobi sebagai center point kegiatan dan melibatkan peserta dari kalangan pelajar. Sedangkan untuk pelayaran wilayah barat di ramaikan oleh unsur mahasiswa dan pemuda dari berbagai perguruan tinggi dan organisasi kepemudaaan dari seluruh penjuru Indonesia dengan total peserta sebanyak 197 orang.
Rute Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari  dalam rangka Sail WABE (Wakatobi-Belitong) 2011 untuk pelayaran Wilayah Timur adalah Jakarta-Pilau Natuna-Batam-Dumai-Bangka-Belitung-Jakarta dengan kegiatan antara lain memberikan materi-materi pemahaman tentang bela negara, peningkatan dan pembinaan mental dan taqwa, pengetahuan tentang sumber daya kelautan, kegiatan inovatif untuk pembentukan karakter, pentas budaya, bhakti sosial, serta kegiatan lain yang diadakan oleh pemerintah daerah setempat.
Universitas Negeri Makassar mengirimkan dua orang mahasiswa, Ma’ruf M. Nur dan A. Bachtiar, mewakili universitas berdasarkan undangan Ditjen Pendidikan Tinggi sebagai peserta LNRPB (Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari) dan seorang mahasiswi, Tismi Dipalaya, mewakili Dispora Sulsel sebagai peserta KPN (Kapal Pemuda Nusantara) yang juga tergabung dalam LNRPB. Mereka mengikuti rangkaian acara Sail Belitong 2011 yang di awali dengan agenda pembekalan yang dilaksanakan 21-23 September 2011 di PPPON (Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional) , Cibubur, Jakarta Timur untuk peserta KPN dan di Kolinlamil Angkatan Laut, Tanjung Priok, DKI Jakarta untuk peserta utusan DIKTI. Pemberangkatan dilaksanakan pada tanggal 25 September 2011 di Kolinlamil Angkatan Laut, Tanjung Priuk.
To be continue...

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu di sini :)