Senin, 28 Februari 2011

Menjadi Bodoh Karena Ingin Terlihat Pintar

Adalah sebuah kewajaran manakala manusia ingin menampilkan segala sesuatu yang terbaik dari dirinya. Entah dari penampilan fisik, intelektual, emosional, spiritual dan pergaulan. Mereka bisa melakukan apa saja untuk membuatnya menjadi sempurna. Mulailah mereka belajar akan banyak hal. Dari hal yang paling kecil sampai yang paling besar, dari yang sangat sederhana sampai yang paling kompleks, dari yang tidak berarti sampai yang paling berarti, dsb. Apakah mereka salah ? Tentu saja tidak. Mereka berhak untuk melakukan itu semua. Mereka melakukan hal tersebut karena tentu saja agar mendapatkan segala sesuatu yang tentu saja juga terbaik untuk hidupnya.
Namun, ada satu pertanyaan yang menggelitik untuk disampaikan. Apa motivasi mereka dibalik semua yang telah dilakukan ?
Menjaga “image”, mungkin. Ingin populer, mungkin. Ingin berprestasi, mungkin. Semua jawaban adalah mungkin karena tidak akan pernah ada jawaban yang pasti. Patutlah kita merenungi sebuah kata-kata bijak. “ Dalamnya laut bisa diukur, namun dalamnya hati seseorang tidaklah mudah untuk dinilai “. Begitulah kira-kira manusia dengan segala keunikannya yang tidak akan mudah untuk dipahami oleh orang lain.

Apapun motivasi seseorang, dalam hal ini bertindaklah dengan jujur. Jujur pada diri sendiri. Jangan sampai menjadi orang yang bodoh hanya karena ingin terlihat oleh orang lain bahwa kita adalah orang yang pintar. Bagaimanapun kepalsuan adalah sesuatu yang sangat melelahkan dalam hidup ini. Ingatlah : “ Jelek bukan berarti tidak indah, tidak tahu bukanlah bodoh dan diam belum tentu bisu. Bagaimanapun menjadi diri sendiri akan jauh lebih baik daripada menjadi seseorang yang diinginkan oleh orang lain.

sumber: http://filsafat.kompasiana.com/2011/02/28/menjadi-bodoh-karena-ingin-terlihat-pintar/

2 komentar:

Jibonk mengatakan...

I like this Artickel !

jalan buntu mengatakan...

thanks kanda :)

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu di sini :)