Senin, 10 Mei 2010

Baju Bodo


Baju bodo adalah pakaian tradisional perempuan Bugis, Sulawesi, Indonesia. Baju bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia. 
Menurut adat Bugis, setiap warna baju bodo yang dipakai oleh perempuan Bugis menunjukkan usia ataupun martabat pemakainya.
Warna
Arti
Jingga
dipakai oleh anak perempuan berumur 10 tahun.
Jingga dan merah
dipakai oleh gadis berumur 10-14 tahun.
Merah
dipakai oleh perempuan berumur 17-25 tahun.
Putih
dipakai oleh para pembantu dan dukun.
Hijau
dipakai oleh perempuan bangsawan.
Ungu
dipakai oleh para janda.
Pakaian ini kerap dipakai untuk acara adat seperti upacara pernikahan. Tetapi kini, baju bodo mulai direvitalisasi melalui acara lainnya seperti lomba menari atau menyambut tamu agung. 

  aku, waktu abiez nari di City Hall Obu, Nagoya-Minami, Japan

waktu itu, aku diberi kesempatan sama panitia Farewell Party Jenesys'07 [Chapter Nagoya-Minami] untuk menampilkan tarian daerah. Dengan modal pas-pas an waktu pelajaran seni jaman kelas X SMA... aku dengan PD-nya menampilkan Tarian Pa'duppa...yg biasanya dilakukan sebagai tarian selamat datang [penyambutan]...aku jadi pusat perhatian loh...^^ meskipun musiknya cuma dari radio tape ^^. yg jelas aku dah berusaha memperkenalkan kebudayaan daerah ku di hadapan orang-orang jepang [para host fam], dan peserta JENESYS'07 [australia, filipina, malaysia, thailand, india, dan new zealand]...

nah, yang ini foto waktu Lunch Reception di Tokyo Hall 


ceritanya, waktu acara itu... kita [peserta jenesys] diarahkan untuk memakai pakaian tradisional. wuah, seketika ruangan megah itu jadi aneh ^^, kaya' lagi pesta kostum gitu..heheheh.

Dari Australia n New Zealand, hanya memakai pakaian santai atau School Uniform-nya coz katanya mereka gak tau mau pake pakean apa...^^





hahaaaa ...
yg ini....
aku exizt sendiri ^^
dengan backdrop logo Jenesys ^^
**masih exizt dgn "Baju Bodo"











 Ini....


bareng anak Aussie [tengah] n Filipina [kanan]    

nah...kalo yg ini...foto anak2 Indonesia yg lagii exizt jadi celebrity sehari ^^v. Jadi, waktu itu kita[peserta dari Indonesia] tiba-tiba dapat tawaran pemotretan yg membludak [lebaay,hhee]. Teman-teman peserta dari negara lain pada minta foto bareng..katanya kami unik..coz sama2 dari Indonesia tapi baju tradisionalnya beraneka ragam...lalu kami cuma punya satu jawaban.. "That's Indonesia, have ethnic and cultural diversity but remains one." ^^v 





saat itu, kami [anak Indonesia] seketika merasakan gejolak yg sama dalam dada kami.

KAMI BANGGA JADI ANAK INDONESIA

yg mempunyai kekayaan budaya yg begitu beranekaragam,,

dan setidaknya kami tau dan tidak lupa akan kebudayaan itu.

dan dengan senyum yang mengharu biru..kami berdiri ditengah teman-teman dari negara lain, berbaur satu sama lain..^^











2 komentar:

Rabiatul .A mengatakan...

beuhhhhh,,,,,
Salut,,
Like postinagn ini

jalan buntu mengatakan...

makasiii saayyyonkz :)

Posting Komentar

tinggalkan jejakmu di sini :)